Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 24 November 2021

6 Tanda Oli Mobil Harus Diganti, Sudah Tahu?

            Mengganti oli secara berkala merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Namun, seringkali diabaikan karena melewatkan tanda-tanda bahwa oli perlu diganti. Padahal, oli berperan penting untuk menjaga kinerja mesin supaya awet dan tahan lama. Agar kinerja komponen lebih enteng, oli membantu sebagai pelumas komponen dan partikel pada mesin. Oli mesin mobil terbaik sangat diperlukan agar komponen dalam mesin bekerja secara maksimal.

6 Tanda Oli Mobil Harus Diganti, Sudah Tahu

            Selain sebagai pelumas mesin, oli juga berperan sebagai pembersih gram hasil pembakaran. Gram merupakan zat buangan hasil pembakaran mesin. Dalam proses pengeluarannya, gram diangkut oleh oli yang melakukan sirkulasi di dalam mesin. Dengan begitu, mesin akan tetap bersih. Lantas, apa saja tanda bahwa oli mobil perlu diganti? Ulasan di bawah ini adalah jawabannya.


1.      Mesin terasa kasar. Jika Anda merasa mesin terasa kasar tidak seperti biasanya saat dihidupkan, itu adalah salah satu tanda bahwa oli harus segera diganti. Ganti oli supaya mesin mobil terasa halus kembali.

2.      Lampu indikator menyala. Ini adalah tanda yang paling terlihat. Lampu indikator oli pada dashboard mobil akan menyala sebagai peringatan bahwa oli harus diganti. Mobil-mobil saat ini sudah dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan pengendara apabila ada yang tidak beres pada mobil.

3.      Warna oli berubah. Oli mesin yang baru biasanya berwarna coklat keemasan. Namun ada juga yang berwarna kuning, merah, dan biru. Namun apabila oli sudah berubah warna menjadi hitam pekat dan encer, itu adalah tanda oli harus segera diganti. Sedangkan oli yang berubah warna menjadi putih, artinya ada masalah dalam ruang mesin.

4.      Jarak tempuh mobil. Umumnya, jarak tempuh mobil dijadikan acuan dalam penggantian oli. Oli perlu diganti jika jarak sudah mencapai sekitar 4000 sampai 6000 km. Dengan mengganti oli mobil secara berkala, mesin akan semakin tahan lama dan jarang “jajan”.

5.      Asap knalpot berwarna hitam. Mobil yang dalam kondisi prima akan mengeluarkan asap knalpot berwarna putih tipis dan hampir tidak terlihat. Ini khusus untuk bahan bakar non solar. Asap knalpot yang berwarna kehitaman adalah tanda adanya penguapan oli dan ikut terbakar di ruang pembakaran.

6.      Mesin kurang responsif. Tanda lainnya yaitu tarikan mesin kurang terasa dan mobil terasa berat berbeda dari biasanya. Oli yang masih baik akan membuat keseluruhan tenaga pada pembakaran mesin diubah menjadi penggerak roda sehingga mobil tidak terasa berat.


Itulah tanda-tanda yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda masih bingung harus memilih merk oli yang mana, Anda dapat memilih produk Idemitsu karena lebih hemat namun kualitasnya tetap unggul. Dapat Anda lihat pada laman: https://ilti.idemitsu.com/id/productcategory/oli-mesin-mobil. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Share:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger Tutorials

Blogger Templates

Sample Text

Copyright © sattvicfamily.net | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab